Sabtu, 02 Januari 2010

Ekosistem Perairan Tergenang

ABSTRAK

Praktikum ekologi perairan yang bertemakan karakteristik ekosistem perairan tergenang, praktikan melakukan metode pengambilan sampel di Situ Gede, Bogor Barat. Adapun praktikum ini, bertujuan untuk mengetahui komponen penyusun ekosistem perairan tergenang dan hubungan timbal baliknya. Secara keseluruhan, dari pengamatan praktikan di Situ Gede menunjukkan warna air yang cenderung hijau dan suhunya kira-kira 29 C.

PENDAHULUAN

Ekologi merupakan pengkajian hubungan organisme dengan lingkungannya. Ekologi sendiri berasal dari bahasa Yunani oikos, berarti “rumah “atau “tempat hidup”. Ekologi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu ekologi air tawar, ekologi laut, dan ekologi estuaria. (Odum, 1998)

Pada ekologi air tawar, habitatnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu Air tergenang, atau habitat lenti, contohnya danau, kolam rawa atau pasir terapung. Air mengalir atau habitat lotik (berasal dari kata lotus berarti tercuci), contohnya mata air, aliran air atau sungai.

Salah satu contoh perairan tergenang adalah situ. Situ adalah genangan air di atas permukaan tanah yang terbentuk secara alam maupun buatan dengan sumber air dari tanah atau permukaan melalui siklus hidrologis yang potensial dan merupakan salah satu kawasan lindung.

Jenis-jenis situ ada dua, yaitu. Situ alami adalah wadah genangan air di atas permukaan tanah yang terbentuk secara alami dimana airnya bersumber dari tanah atau pemukaan. Situ buatan adalah genangan air di atas permukaan yang air berasal dari permukaan, cenderung berfungsi sebagai pengendali banjir.

Praktikum ini, kami mengambil sampel di Situ Gede. Situ gede adalah nama sebuah danau kecil ( situ atau setu berarti telaga) yang terletak di kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor. Situ Gede merupakan perairan tergenang atau habitat lentik. Terdapat faktor-faktor pembatas yang cukup penting pada habitat air tawar, yaitu: Suhu, Kejernihan, Arus, Konsentrasi Gas Pernafasan, dan konsentrasi Garam Biogenik.

Praktikum ini perlu dilakukan karena kurangnya kesadaran kita akan pentingnya menjaga kelestarian dan keberlangsungan ekosistem, khususnya ekosistem perairan tergenang. Adapun tujuan diadakannya praktikum ini untuk mengetahui komponen-kompenen ekosistem beserta hubungan timbal balik antar komponen ekosistem tersebut.

BAHAN DAN METODE

Peralatan yang digunakan pada praktikum ini adalah sebagai berikut : paralon sepanjang 3 inch 2 m, yang berfungsi untuk mengukur kedalaman air dan untuk mengambil substrat di dasar perairan. Paralon sepanjang 1 inch 1m sebagai penyangga sacche disk pada saat mengukur kecerahan air. Paralon sepanjang 1 inch 4 m dan siku disusun membentuk transek kuadrat yakni menyerupai bujur sangkar dan setiap sudutnya diberi siku sebagai penghubung paralon. Transek ini berfungsi sebagai pembatas stasiun dalam mengambil sampel dari situ. Termometer untuk mengukur suhu air di setiap sub stasiun. Sepuluh Botol film dipakai untuk meletakkan sampel yang diperoleh dari danau. Saringan halus dan kasar yang digunakan untuk menyaring lumpur yang didapatkan agar diperoleh bentuk substratnya. Serokan untuk menangkap nekton dan neuston. Aquades 5 liter dipakai untuk mencegah perifiton yang telah didapatkan agar tidak mati. Sacche disk sebagai media atau tolak ukur dalam mengukur tingkat kecerahan cahaya matahari dalam air. Kertas label digunakan untuk memberi tanda sampel pada botol film. Spidol permanen (permanent marker) untuk memberi skala pada pipa paralon yang berukuran sepanjang 3 inch 2 m. Tali raffia untuk mengikat sacche disk lalu diselubungkan pada paralon, selain itu , digunakan juga cutter untuk mengambil perifiton dari bebatuan atau kayu yang ada di dasar perairan.

Pengambilan sampel di Lapang

Praktikum ekologi perairan ini, praktikan mengambil sampel dari Situ Gede. Parameter yang digunakan dalam pengambilan sampel pada praktikum ini adalah parameter fisika, parameter kimia, dan parameter biologi.

Parameter Fisika terdiri dari warna perairan, tingkat kecerahan, suhu, kedalaman, dan tipe substrat. Warna perairan adalah yang tampak kita lihat dari sebuah situ. Warna perairan dibagi menjadi dua yaitu warna tampak dan warna asli. Caranya dengan mengamati warna air Situ Gede dengan memperhatikan keadaan lingkungan setempat. Tingkat kecerahan dapat diukur dengan menggunakan sacche disk. Pertama ikatkan sacche disk dengan tali raffia, lalu dimasukkan ke dalam paralon 1 inch 1m. Kemudian, masukkan kedalam area transek kuadrat dan lihat skala yang ditunjukkan pada saat warna putih menghilang dan muncul kembali. Suhu diukur dengan menggunakan thermometer ditiga tempat pada setiap sub stasiun dan catat hasilnya. Kedalaman perairan diukur dengan cara paralon sepanjang 2 m 3 inch dimasukkan sampai dasar perairan, lalu catat skalanya. Ulangi sampai 3 kali pengambilan pada sub stasiun disetiap tempat yang berbeda. Tipe substrat diambil dengan memasukkan paralon sepanjang 2 m 3 inch dan agak ditekan agar substrat yang ada di dasar perairan menempel pada pipa paralon. Lalu, rasakan tipe substratnya.

Parameter kimia dalam praktikum ini adalah pH. Pengukuran pH dilakukan dengan menggunakan pH stick yang dicelupkan ke dalam permukaan air Situ Gede di area transek, lalu cocokkan warna dengan warna yang ada pada kotak pH stick. Catat hasilnya.

Parameter Biologi terdiri dari plankton, neuston, perifiton, nekton, dan bentos. Alat yang digunakan dalam pengambilan plankton adalah ember, plankton net dan botol film. Caranya, ambil air dari sub stasiun ke dalam plankton net lakukan 10 kali. Sedangkan untuk pengambilan neuston digunakan serokan. Caranya dengan menyerok neuston yang ada di permukaan perairan. Perifiton. Dalam pengambilan perifiton, alat yang digunakan adalah cutter. Caranya dengan mengambil bebatuan atau kayu yang berada di dasar perairan kemudian batu atau kayunya di cutter untuk mengambil perifiton. Nekton. Dalam pengambilan nekton, alat yang digunakan adalah serokan. Caranya dengan menyerok perairan di dalam sub stasiun sehingga mendapatkan nekton. Benthos. Dalam pengambilan benthos, alat yang digunakan adalah paralon 3 inch 2 m dan juga bisa menggunakan tangan langsung, yaitu mengambil benthos di dasar perairan Situ Gede.

Analisis Laboratorium dan Data

Kecerahan dapat dicari dengan Rumus D1 ditambah D2 yang kemudian dibagi dengan dua (2), dimana D1 warna kecerahan pada sacche disk tidak terlihat dan D2 warna kecerahan pada sacche disk mulai terlihat.

Kepadatan plankton dapat dihitung dengan rumus luas gelas penutup dikali dengan volume botol contoh hasil saringan dikali dengan jumlah plankton kemudian hasilnya dibagi dengan luas sudut pandang dikali dengan volume satu tetes contoh dikali dengan volume air yang disaring dan dikali lagi dengan jumlah ulangan dan dikali lagi dengan jumlah lapang pandang.

Kepadatan perifton dapat dihitung dengan rumus luas gelas penutup dikali dengan volume botol contoh hasil saringan dikali dengan jumlah plankton kemudian hasilnya dibagi dengan luas sudut pandang dikali dengan volume satu tetes contoh dikali dengan luas bidang kerikan dan dikali lagi dengan jumlah ulangan dan dikali lagi dengan jumlah lapang pandang.

Kepadatan benthos dapat dihitung dengan rumus jumlah individu persatuan alat dibagi dengan jumlah ulangan yang dikali dengan luas bukaan mulut alat.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Lingkungan Perairan

Parameter fisika yang didapat adalah warna perairan yaitu hijau lumut. Kemudian parameter fisika selanjutnya adalah kecerahan. Kecerahan di SS*1 Ul 1 adalah 20, SS1 Ul 2 adalah 22, SS1 Ul 3 adalah 19, pada SS2 Ul 1 adalah 14, SS2 Ul 2 adalah 16, SS2 Ul 3 adalah 13, pada SS3 Ul 1 adalah 13, SS3 Ul 2 adalah 10, dan SS3 Ul 3 adalah 15. Parameter fisika selanjutnya adalah suhu. Suhu diperairan SS1 Ul 1 adalah 30o C, SS1 Ul 2 adalah 29 o C, SS1 Ul 3 adalah 30 o C, SS2 Ul 1 adalah 30 o C, SS2 Ul 2 adalah 29 o C, SS2 Ul 3 adalah 29o C, SS3 Ul 1 adalah 30 o C, SS3 Ul 2 adalah 30o C, SS3 Ul 3 adalah 30o C. Selanjutnya adalah kedalaman perairan pada SS1 Ul 1 adalah 71 cm, SS1 Ul 2 adalah 63 cm, SS1 Ul 3 adalah 53 cm, SS2 Ul 1 adalah 114 cm, SS2 Ul 2 adalah 109 cm, SS2 Ul 3 adalah 108 cm, SS3 Ul 1 adalah 114 cm, SS3 Ul 2 adalah 118 cm, SS3 Ul 3 adalah 113 cm. Parameter fisika yang terakhir diperoleh adalah tipe substrat pada SS1, SS2, dan SS3 didapatkan tipe substrat yaitu lumpur halus.

Parameter kimia yang didapat adalah pH. pH yang diperoleh adalah 7. Sedangkan parameter biologi yang diperoleh adalah plankton, nekton, perifiton dan bentos. Plankton yang diperoleh pada SS1 adalah fitoplankton (Tabellaria, Spirostoma, Niztchia), zooplankton (Keratela), pada SS2 adalah fitoplankton (Polycystis), sedangkan SS3 adalah fitoplankton (Niztchia, Euglypha,Spirostonum), zooplankton (Keratella) .Nekton yang didapat pada SS1 adalah 2 ikan dan 1 udang, pada SS2 adalah 4 ikan dan 2 udang sedangkan pada SS3 hanya 1 ikan. Perifiton pada SS1 praktikan tidak dapat menemukan perifiton, pada SS2 ditemukan Polycystis, Closterium, Pada SS3 diperoleh Polycystis.

Tabel 1. Parameter Fisika Kimia Ekosistem Perairan Tergenang Situ Gede

PARAMETER

SS1

SS2

SS3

FISIKA

Warna Perairan

Hijau Lumut

Hijau Lumut

Hijau Lumut

Tipe Substrat

Lumpur Halus

Lumpur Halus

Lumpur Halus

Suhu (oC)

29-30

29-30

30

Kecerahan

18-23

10-18

13-17

Kedalaman (m)

53-71

108-114

113-118

KIMIA

pH

7

* SS : Sub stasiun

Dari tabel diatas terlihat bahwa pada parameter fisika tepatnya pada warna air didalam situ adalah hijau lumut. Sedangkan pada tipe substratnya, pada setiap stasiun memiliki tipe substrat berupa lumpur halus. Kisaran suhu yang ada mencapai rata-rata 29,67o C pada stasiun satu, 29,33 o C pada stasiun dua dan 30 o C pada stasiun tiga. Data tersebut apabila diperhatikan tidaklah jauh o C. Untuk tingkat kecerahan pada stasiun 1 adalah 23,18cm pada ulangan 1 dan pada ulangan 2 dan 3 berturut-turut adalah 23,22cm dan 20,19cm. Pada stasiun 2 tingkat kecerahan yang didapat secara berurutan adalah 15,14cm pada ulangan 1, 18,15cm pada ulangan 2, dan 17,10cm pada ulangan 3. Sedangkan pada stasiun 3 yaitu 14,13cm pada ulangan 1, 17,13cm pada ulangan 2 dan 15,15 cm pada ulangan 3. Dari data di atas, terlihat sedikit perbedaan tepatnya pada stasiun 2 dan 3. Pada stasiun 2 dan 3 terlihat mengalami penurunan tingkat kecerahan, padahal sesuai dengan literature, perbedaan yang terjadipada kecerahan stasiun 1,2,dan3 tidaklah jauh berbeda seperti yang ada pada data. Hal ini dimungknkan karena kondisi air yang kumuh dan keruh tepat setelah penghitungan kecerahan stasiun 1. Untuk kedalaman yang diukur dengan menggunakan pipa paralon 3 inci didapatkan kedalamanair pada stasiun 1 adalah 71,5cm (ulangan 1), 63cm (ulangan 2), dan 53cm (ulangan 3). Sedangkan pada stasiun 2 adalah 114cm (ulangan 1), 109cm (ulangan 2), 108cm (ulangan 3). Pada stasiun 3, didapatkan kedalaman sebesar 114cm (ulangan 1), 118cm (ulangan 2), 113 (ulangan 3).

Dari penjelasan diatas, dapat di tarik kesimpulan bahwa banyak hal yang mempengaruhi parameter fisika dan kimia, seperti tingkat kecerahan warna sebelum atau sesudah air itu keruh, permukaan situ yang mungkin tidak rata karena banyaknya kotoran maupun sampah yang ada didalamnya.

Biologi

Plankton

Plankton adalah hewan air yang hidup mengapung di atas permukaan air dimana pergerakannya tergantung pada arus. Sehingga gerakan hidupnya tergantung pada arus atau gelombang pada air. Plankton terbagi menjadi Fitoplankton dan Zooplankton. Fitoplankton terdiri atas ganggang, diatom, dan dinoflagelata. Zooplankton biasanya terdiri atas rotifera, cladocera, copepoda (Suwingnyo, 2002).

Tabel 2. Kelimpahan Plankton pada Stasiun Situ Gede

Spesies

SS1

SS2

SS3

Fitoplankton

Euglypha

-

-

42

Nitzschia

84

-

127

Polycystis

-

42

-

Spirostonum

84

-

169

Tabellaria

84

-

-

TOTAL

252

42

338

Zooplankton

Keratela

127

-

254

TOTAL

127

-

254

Grafik kelimpahan plankton

Sub Stasiun

Grafik kelimpahan plankton

Text Box: Kelimpahan Plankton Ind/liter

Gambar 1. Kelimpahan fitoplankton dan zooplankton pada Stasiun 31 Situ Gede

Kelimpahan plankton pada Sub Stasiun 3 terjadi karena terkena langsung cahaya sinar matahari yang digunakan untuk fotosintesis oleh fitoplankton. Karena pada sub stasiun 1 dan 2 tempatnya agak rimbun oleh pepohonan disekitar.

Perifiton

Perifiton merupakan organism perairan yang hidup menempel pada objek perairan, seperti kayu, batu, dll. (E. P. Odum, 1998).

Tabel 3. Kelimpahan Perifiton pada stasiun….Situ Gede

Spesies

SS1

SS2

SS3

Perifiton

Closterium

-

10.588.235

-

Phormidium

10.588.235

Polycystis

-

10.588.235

21.176.470

TOTAL

10.588.235

21.176.470

21.176.470

kelimpahan Perifiton

Kelimpahan Plankton


Text Box: Kelimpahan perifiton  Ind /m²

Sub Stasiun

Gambar 2. Kelimpahan perifiton pada stasiun 31 Situ Gede

Kelimpahan perifiton yang terdapat di Sub stasiun 3 disebabkan jumlah sampah yang relatif lebih sedikit dari pada Sub stasiun yang lainnya. Hal ini menyebabkan populasi perifiton lebih memilih substrat yang menempel pada bebatuan, kayu dan yang lainnya yang tidak tercemar.

Bentos

Bentos adalah organisme perairan yang hidup di dasar perairan. Selain itu bentos juga hidup melekat pada dasar endapan. Hewan bentos hidup relatif menetap sehingga dapat digunakan sebagai petunjuk kualitas lingkungan.

Tabel 3. Kelimpahan bentos pada Stasiun…Situ Gede

Species

SS1

SS2

SS3

Bentos

Campeloma

161

0

0

Perna Viridin

645

322

645

Gontobasis

0

0

2580

TOTAL

806

322

3225

kelimpahan bentos Kelimpahan Plankton

Sub Stasiun

Text Box: Kelimpahan Bentos Ind /m²

Gambar 3. Kelimpahan bentos pada Stasiun 31 Situ Gede

Tabel dan grafik diatas terlihat perbedaan yang jelas antara SS3 dengan yang lainnya. Hal ini terjadi karena pada SS3 yang memiliki kedalaman lebih tinggi banyak terdapat bentos dari pada di Sub Stasiun lain yang lokasinya sedikit menepi danau. Sesuai dengan parameter fisika yakni mengenai kedalaman, bahwasanya SS3 kedalamannya lebih tinggi dari Sub Stasiun lain. Kelimpahan bentos terlihat lebih banyak pada tingkat kedalaman yang tinggi.

Nekton dan Neuston

Nekton yang didapat adalah ikan dan udang. SS1 ikan yang di dapatkan sebanyak 2 ekor dan udang sebanyak 1ekor. SS2 ikan yang didapat sebanyak 4 ekor dan udang yang didapat sebanyak 2 ekor. Sedangkan pada SS3 ditemukan ikan sebanyak 1 ekor dan tidak ditemukan udang. Untuk neuston, tidak di temukan sampelnya.

Gambar 4. Nekton pada Substasiun

Tumbuhan Air

Tumbuhan air merupakan tumbuhan yang tinggal di sekitar air dan di dalam air. Yang berfungsi sebagai produsen penghasil energi. Tumbuhan air dapat dikelompokkan menjadi terrestrial plants adalah tumbuhan air yang seluruh organ tubuhnya belum tertutup oleh air, emerged plants adalah tumbuhan air yang akarnya berada dalam air dan bagian lainnya berada dipermukaan air, floating plants adalah tumbuhan air yang bagian akar dan batangnya berada dalam air , sedangkan daunnya mencuat ke permukaan air, dan submerged plants adalah tumbuhan air yang seluruh bagian tubuhnya berada dalam air (Odum, 1998).

INTERAKSI KOMPONEN ABIOTIK DAN BIOTIK

Interaksi antara komponen abiotik dan biotik

Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekositem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu abiotik dan biotik. Faktor abiotik merupakan faktor yang bersifat tak hidup seperti parameter fisika dan kimia, antara lain suhu kedalaman, kecerahan, pH sedangkan faktor biotik adala faktor hidup yang merupakan parameter biologi yang terdiri dari ikan, zooplankton, fitoplankton, perifiton, dan bentos. Dalam ekosistem perairan fitiplankton dan zooplankton merupakan produsen, sedangkan ikan- sebagai konsumen. Kompenen abiotik dan biotik beriteraksi membentuk suatu sistem yang menujukan kesatuan . salah satuh contoh interaksi antara komponen abiotik dan biotik adalah pengunaan hcahaya matahari oleh fitoplankton guna memproduksi makanan.

Interaksi antara komponen biotik penyusun ekosistem perairan

Interaksi antara komponen biotik dengan abiotik membentuk ekosistem. Hubungan antara organisme dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya aliran energi dalam sistem itu. Selain aliran energi, di dalam ekosistem terdapat juga struktur atau tingkat trofik, keanekaragaman biotik, serta siklus materi. Dengan adanya interaksi-interaksi tersebut, suatu ekosistem dapat mempertahankan keseimbangannya. Pengaturan untuk menjamin terjadinya keseimbangan ini merupakan ciri khas suatu ekosistem. Apabila keseimbangan ini tidak diperoleh maka akan mendorong terjadinya dinamika perubahan ekosistem untuk mencapai keseimbangan baru.

KESIMPULAN

Ekosistem tergenang memiliki beberapa komponen penyusun yang terdiri dari neuston, organisme yang hidup dipermukaan perairan. Selain itu plankton (fitoplankton dan zooplankton) merupakan organisme yang hidup melayang-layang diperairan dan geraknya dipengaruhi oleh arus. Kemudian nekton organisme yang pergerakannya bebas tidak dipengaruhi oleh arus, contohnya ikan. Perifiton organisme yang hidupnya menempel pada bebatuan atau bahan daun atau benda-benda yang berada di dasar perairan. Bentos merupakan organisme yang hidupnya berada di dasar perairan. Faktor abiotik merupakan faktor yang bersifat tak hidup seperti parameter fisika dan kimia, antara lain suhu kedalaman, kecerahan, pH sedangkan faktor biotik adala faktor hidup yang merupakan parameter biologi yang terdiri dari ikan, zooplankton, fitoplankton, perifiton, dan bentos. Interaksi antara komponen biotik dengan abiotik membentuk ekosistem. Hubungan antara organisme dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya aliran energi dalam sistem itu. Selain aliran energi, di dalam ekosistem terdapat juga struktur atau tingkat trofik, keanekaragaman biotik, serta siklus materi.

DAFTAR PUSTAKA

Odum, E.P. 1998. Dasar-Dasar Ekologi Edisi Ketiga. Gajah Mada University Press: Yogyakarta.

Wardiatno Y, dkk. 2002. Avertebrata Air Jilid 1. Penebar Swadaya: Jakarta.

LAMPIRAN

300px-Situ_Gede_071117-1067_stgd

Lokasi Situ Gede Peta Situ Gede

C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\Lokasi\DSC00501.JPG Field%20trip/Lokasi/DSC00500.JPG

LOKASI STASIUN 31

Gambar 1 dan 2

D:\IPB ONLY\THP\EKOPER\PIC_0542.JPG D:\IPB ONLY\THP\EKOPER\PIC_0543.JPG D:\IPB ONLY\THP\EKOPER\PIC_0544.JPG

Gambar 4

a. SS1

C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\Ss1\DSC00493.JPG Field%20trip/Ss1/DSC00492.JPG

b. SS2

C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\Ss2\DSC00498.JPG Field%20trip/Ss2/DSC00496.JPG

c. SS3

C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\Ss3\DSC00495.JPG

Pengambilan Suhu

C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\DSC00474.JPG

Mengukur kecerahan

C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\DSC00471.JPG

Pengambilan Bentos dan Tipe substrat

C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\DSC00476.JPG C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\DSC00477.JPG C:\Documents and Settings\bayu\My Documents\Field trip\DSC00478.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar